Sabtu, 14 April 2012

Membuat Auto LogOff di Command Prompt.

erkadang kita lupa mematikan PC atau Laptop sebelum tidur, apalagi kalau yang sering berurusan dengan perangkat-perangkat tersebut seperti saya. Bangun pagi tanpa cuci muka langsung nyalain laptop, malam pun masih di depan laptop, malah biasanya tidur sama laptop hahahaha. Nah, persoalannya di malam hari biasanya kita suka lupa untuk shutdown atau log off perangkat tersebut, mungkin karena ngantuk atau lagi nonton film trus ketiduran. Selain memboroskan listrik (kalau sambil pasang adapter laptop) juga bisa mengurangi umur laptop karena Overhead.
Solusinya adalah menggunakan fungsi auto shutdown di Windows. Ada banyak aplikasi auto shutdown di luar sana, namun kali ini saya akan sharing cara autoshutdown dengan menggunakan command prompt bawaan Windows. Oke, langsung saja ikuti langkah-langkah nya di bawah ini:
AutoShutdown Tutorial Cara Auto Shutdown/LogOff di Command Prompt
  1. Masuk ke Command Prompt dengan menekan tombol Start>>Accessories>>Command Prompt atau bisa langsung menekan logo Windows di ikuti dengan huruf R lalu ketikkan CMD dan tekan Enter.
  2. Ketikkan “shutdown -s -f -t 3600″ tanpa tanda petik di Command Prompt. Angka 3600 menunjukkan waktu (dalam detik) berapa lama lagi PC atau Laptop akan di shutdown secara automatis. Anda bisa menggantinya dengan kelipatannya atau berapa pun waktu yang Anda butuhkan dalam ukuran detik (second).
  3. Untuk menghilangkan Autoshutdown tersebut, Anda cukup mengetikkan perintah “shutdown -a”. Parameter ‘-a’ disni gunanya untuk meng-cancel perintah shutdown yang Anda lakukan sebelumnya.
  4. Selesai.
Sekian, kalau ada yang perlu di koreksi, silahkan meninggalkan komentar Anda. Sekali lagi, tujuan tutorial ini adalah untuk pembelajaran kepada newbie seperti saya. icon smile Tutorial Cara Auto Shutdown/LogOff di Command Prompt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar